Qiuz Fix

KUIS

http://www.swfcabin.com/swf-files/1399970983.swf

Pentingnya Bisnis Ber Sop


Standar operasionalprosedur (SOP) bisa dibilang sudah menjadi symbol ketika berbicara tentang system bisnis hanya saja bayak pengusaha yang sadar akan keberadaan SOP dalam mengelola bisnisnya tidak dibarengi dengan pengetahuan dan pemahaman yang mendalam bagaimana membuat SOP yang benar. Minimnya referensi contoh SOP maupun sumber bacaan juga salah satu factor yang membuat para pengusaha hari ini kesulitan mendapatkan gambaran SOP yang benar, hasil akhirnya walaupun berhasil membuat SOP tapi tidak tepat sasaran dan minim guna. 

Sop amat sangat diperlukan oleh semua organisasi tidak terkecuali organisasi bisnis, tanpa kehadirannya mengakibatkan banyak aktivitas bisnis yang tidak bisa diukur dan dikontrol. Faktanya begitu banyak bisnis yang sudah berjalan bertahun-tahun, punya cabang dimana-mana dan memperkerjakan karyawan yang banyak namun tidak mempunyai aturan baku dalam melaksanakan aktivitasnya.

Memang benar bahwa bisnis bisa berjalan tanpa harus ada panduan operasional, bahkan mendatangkan keuntungan yang tidak sedkit serta memiliki pelanggan setia yang secara rutin membeli produk anda.

Namun jika kita meneliti lebih mendalam sebetulnya model bisnis seperti ini tidak akan mampu bertaham terlalu lama,  bahasa sederhananya rapuh.

Kondisinya mirip seperti kapal yang berlayar di tengah lautan, disana sini terdapat kebocoran yang membuat air masuk sedikit demi sedikit karena hantaman gelombang.sang kapten sadar betul kalau terjadi kebocoran tapi apa yang dilakukan?

Rupanya sang kapten memerintahkan para awak kapal untuk menguras air yang masuk tanpa menutup lubang yang bocor, padahal perjalanan kapal masih jauh dan ombak makin besar, jika cara seperti ini terus dilakukan maka bisa ditebak bagaimana nasib kapal ini.ya kemungkinan besar akan tenggelam dan hancur bersama awak kapal.

Sama halnya dengan bisnis yang berjalan tanpa system, banyak terjadi kebocoran waktu, uang, dan tenaga yang pada saatnya nanti kapal bisnis akan tenggelam. 

Jadi bisnis selain membutuhkan SDM yang unggul juga memerlukan Standar operasional prosedur (SOP) yang unggul.

Salam sukses
 -----------------
Jika anda memerlukan pendampingan dalam pembuatan Sop,

Silahkan menghubungi kantor kami:

Business Smart Consulting (BSC)
bikinSOP Group
jl.sukadi no 3 Batu Malang- Jatim
fast Respon 085649 866 123

0 komentar:

Posting Komentar



 

lincah menulis

kamus jurnalistik

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

The Poultney Inn

apartment for rent