Sop Mampu Merekat Komunikasi
Berdasarkan pengamatan, Komunikasi merupakan satu hal yang
amat penting didalam organisasi apapun
termasuk organisasi bisnis,
Serumit apapun problem yang muncul akan dengan mudah
dipecahkan jika antara satu bagian dengan bagian lainnya saling berkomunikasi.
Lewat komunikasi inilah
akan terjadi tukar pendapat dan pikiran, didalamnya ada diskusi tepatnya
musyawarah untuk mendapatkan solusi, disinilah kita akan mendapatkan ide- ide
cemerlang dan kreatif dari rekan kerja,bisa jadi ide yang kita dapatka belum
terpikirkan oleh kita. bukankah berfikir dengan lebih dari satu otak jauh lebih
baik ketimbang hanya satu otak?
Pentingnya komunikasi akan
membawa organisasi bisnis anda dari waktu ke waktu menjadi lebih baik dan terus
lebih baik, karena dalamnya akan terjadi tindakan perbaikan terus-menerus tanpa henti, akhirnya bisnis
lebih kuat menghadapi segala bentuk permasalahan.
Berbeda jika pintu
komunikasi ditutup, maka yang terjadi adalah masalah demi masalah akan muncul,
dibiarkan tanpa solusi kemudian menumpuk akhirnya menjadi boomerang buat
bisnis, yang setiap saat mengancam dan menenggelamkan kapal bisnis anda.
Panomena demo dan unjukrasa
karyawan adalah salah satu penampakan bagaimana komunikasi tidak berjalan,
banyak karyawan yang telah di PHK namun tidak puas atas keputusan perusahaa
akhirnya membawa kasus ke ranah hukum atas
nama ketidakadilan dll, semua itu bermuara pada tidak adanya komunikasi
antara pihak perusahaan dengan karyawan.
Dengan adanya SOP, akan
tercipta komunikasi baik antara atasan dengan bawahan atau antara bawahan
dengan bawahan.
kenapa? Karena didalamnya
terdapat alur yang jelas mana yang memimpin mana yang dipimpin, mana bagian
yang memberikan laporan dan mana yang menerima laporan serta memberikan solusi,
jika masalah tida selesai siapa yang harus dihubungi dan siapa yang memutuskan
solusi.
Setiap jabatan jelas saling
berhubungan karena di dalam Sop Memuat Uraian Kerja dengan detail
0 komentar:
Posting Komentar