Qiuz Fix

KUIS

http://www.swfcabin.com/swf-files/1399970983.swf

Membuat Sop Itu Mudah Semudah Anda Melakukan Pekerjaan.



membuat Sop itu Mudah
Tanpa sadar sebetulnya setiap bisnis sudah memiliki apa yang disebut Sop, bedanyan ada bisnis yang menulis sop diatas kertas dan ada yang tidak, yang menulis diatas kertas dan kemudian dijadikan sebagai acuan inilah yang dinamakan Standard Operational Procedure .sementara yang tidak tertulis tidak bisa dijadikan sebagai panduan baku karena masih didalam alam pikiran tidak nyata dan seringkali berubah- ubah sesuai dengan mood orang besangkutan.

Jadi bedanya ada yang tertulis dan ada yang tidak, lalu muncul pertanyaan terus bagaimana cara menulis Sop diatas kertas?

Jawabannya , tulislah apa yang anda kerjakan secara berurutan (dari awal sampai akhir),yang paling penting adalah anda harus membayangkan pekerjaan itu saat menulis sehingga tergambar dengan jelas di pikiran anda.

Format Sop Bagaimana?

Tidak ada format baku dalam menulis Sop, namun prinsipnya didalam menulis Sop minimal harus memuat  jawaban atas lima  pertanyaan berikut yaitu, Apa judul Sop ini? Apa saja Tujuan dibuatnya Sop ini?Siapa Pemakainya ?Siapa yang Penaggungjawabnya?Apa saja Ruang lingkupnya?bagaimana langkah kerjanya?bagiamana bentuk flowchartnya(bagan alir)?jika terjadi kesalahan dalam bekerja apa yang harus dilakukan?

Setelah Sop Ditulis Langkah selanjutnya?

Baca ulang sambil membayangkan pekerjaan itu, jika sudah mantab tidak ada kesalahan maka langkah selanjutnya adalah Uji dan ukur.lakukan pengujian  serius dengan cara mempraktikkan Sop yang tertera diatas kertas, perhatikan dan amati setiap tahap apakah sesuai urutan atau tidak, apakah terjadi kesulitan atau tidak,apakah langkah yang ditempuh terlalu panjang atau sebaliknya terlalu pendek dan seterusnya.jika ada langkah yang belum lengkap segera perbaiki dan uji kembali sampai sempurna.

Setelah tahap uji,ukur dan penyempurnaan Sop, maka langkah berikutnya  adalah mensosialisasikan kepada pemakai  yang terkait karena bisa dibilang dialah yang paling berkepentingan dalam melaksanakan intruksi Sop diatas kertas ini.Dampingi dan berikan arahan saat pekerjaan dilakukan, ulangi sekali lagi jika pekerjaan belum berhasil.

Langkah terakhir adalah memastikan agas Sop benar-benar dilaksanakan oleh Pemakai dalam hal ini adalah karyawan anda, tahap terakhir inilah yang akan menentukan apakah Sop yang sudah anda buat bisa menjadi sistem yang nyata atau berakhir sebagai tumpukan kertas tanpa harga.lakukan monitoring secara rutin,pastikan karyawan bekerja sesuai Sop masing-masing dan lakukan evaluasi berkala, jika ini anda lakukan maka bisnis yang kuat,maju dan berkembang akan anda dapatkan.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar



 

lincah menulis

kamus jurnalistik

wires in front of sky

aerial perspective

clouds

clouds over the highway

The Poultney Inn

apartment for rent